Alon-Alon Waton Kelakon


5377013A-98AB-4B59-B6BC-FD13DDB9A6F1 Ambil seperlunya dari alam. Kata-kata itu yang paling tepat menggambarkan. Energi yang kita berikan kepada dunia itulah yang akan kembali pada kita. Kekuatan super, jabatan tinggi, kekuasaan tinggi, atau banyak uang memiliki tanggung jawab besar. Seperti kutipan dalam film Spiderman, “With great power comes great responsibility.” Enggak ada cara instan. Mau kaya perlu usaha. Mau sehat dan langsing perlu usaha. Makan makanan sehat dan berolahraga. Pun di perihal investasi. Perlu proses dan waktu agar investasi menghasilkan. Tidak perlu menggunakan cara cepat, misalnya titip dana investasi di pihak tertentu yang ternyata penipuan dengan iming-iming keuntungan besar atau minum pil pelangsing. Cara instan ada konsekuensinya. Yang dituai sesuai dengan yang ditanam. Karma menanti di depan mata. Entah itu dibayar tunai atau dicicil dengan penderitaan di dunia atau di akhirat nanti.

Tentu lebih baik bersikap sabar, karena kesabaran akan berbuah manis. Aku percaya hal itu. Alon-alon waton kelaton. Pelan-pelan asal tercapai. Tidak apa-apa pelan yang penting selamat. Jangan minta dicepat-cepatkan atau dilambat-lambatkan. Biarkan semuanya berjalan apa adanya. Kerja sebaik mungkin. Lakukan dengan konsisten. Kalau gagal dengan satu cara, coba lagi dengan cara yang berbeda. Tidak usah kamu tunggu, nanti juga datang dengan sendirinya. Menerima takdir bukan berarti pasrah. Tetap berusaha. Tetap mencari cara agar keluar dari masalah. It doesn’t has to be perfect. All you have to do is to complete the task.

Coba perhatikan, banyak kejadian buruk menimpa karena ketidaksabaran kita sendiri. Ingin cepat kaya. Ingin cepat langsing. Ingin cepat sukses dalam bisnis. Lihatlah bagaimana kekuatan ketika didapat oleh Steve Rogers aka Captain America. Karena hatinya baik, ketika serum itu disuntikkan ke dalam tumbuhnya, apa yang terjadi? Ia menggunakannya dengan baik. Tidak perlu jadi orang hebat atau terlihat hebat. Kamu hanya perlu belajar mengamati yang terjadi dalam hidup. Hanya perlu menjalani hal-hal sederhana. Menjadi sosok yang sederhana bukan berarti biasa saja. Lihatlah langit yang apa adanya tapi mampu membuat terpana dan tenang. Steve Rogers orang biasa dengan hati besar. Karena langit tak perlu berusaha keras menunjukkan bahwa ia indah. Jika memang Allah memperkenankan kita meraih impian, maka Ia akan mengabulkan impian kita. We don’t have to glorify things because it’s temporary. It will be gone soon, whether it’s happiness or sadness. Kita tidak perlu melebih-lebihkan apa pun itu karena semua bersifat sementara. Tidak perlu merasa lebih keren daripada orang lain karena sudah pasti ada yang lebih keren. Tidak perlu merasa lebih tinggi karena sudah pasti ada yang lebih tinggi. Hiduplah sederhana, hiduplah biasa saja. Jalani peranmu dengan sebaik mungkin. Because that’s what life is all about. It should be simple, without glorification, and just the way life is.

Tinggalkan Pesan